contoh gambar tari kreasi

Contoh Tari Kreasi – Berpola, Tanpa Pola, Tunggal dan Berpasangan

Contoh Tari Kreasi _Hi sobat budiman, bagaimana kabar kalian? Sehat? Eemm, ngomong-ngomong tentang contoh tari kreasi. sudah pahamlah betapa beragamnya karangan, karya, penemuan-penemuan khususnya dalam seni tari di tanah air kita tercinta ini (Indonesia)

Bukankah Indonesia sudah terkenal dengan Negara adidaya? Bukankah Indonesia telah terkenal akan kebudayaanya? Dari mulai suku, bahasa, adat-istiadat pun tak terkecuali dengan beraneka ragamnya jenis tarian daerahnya.

Nah, hingga pada faktanya, terbukti semakin kesini semakin terlahir manusia-manusia kreatif, hingga daerah pun perlahan mulai mengalami perkembangan.

Perkembangan tersebut bisa kita lihat dari inovasi, kekreatifan para pelaku seni, tak terkecuali para pelaku seni tari atau para penari. Halinilah yang makin membuat Indonesia kaya akan kebudayaannya.

Dan, kekayaan atau keanekaragaman budaya itulah yang membuat khususnya tarian-tarian daerah mengalami perkembangan, yakni ditandai dengan tercipta berbagai macam variasi tari.

Variasi tari sendiri terbukti dengan terciptanya suatu karya dengan istilah “Tari Kreasi”

Waw, keren khan.

Eemm, lalu muncul pertanyaan, apa yang dimaksud dengan tari kreasi? Apa yang menjadi keunikan tari kreasi?

Eh, ternyata, tari kreasi pun dibedakan lagi loh menjadi tari kreasi baru, tari kreasi tunggal dan tari kreasi berpasangan.

Dimari, tak usah banyak cingcong lagi, langsung saja masuk pembahasan dari contoh tari kreasi,

Tari Kreasi Baru

Tari Kreasi baru ialah inovasi serta revolusi dari tarian klasik, yang setelah itu dikembangkan sesuai atau mengikuti pertumbuhan zaman.

sowthy.com gh

Identitas Tari Kreasi baru sangat universal, ialah adanya kekreativitasan yang absolut dari para seniman, sehingga tarian klasik yang dibesarkan jadi lebih menarik, modern serta relevan dengan kondisi yang pada saat ini.

Meski demikian, perubahan-perubahan yang dilakukan tidak pula secara totalitas, sebab para koreografer pun tidak boleh melenyapkan faktor budaya serta arti murni dari tarian itu sendiri, sehingga nilai-nilai budayanya senantiasa terpelihara.

Sederhananya, Tari Kreasi ialah jenis tarian wilayah Indonesia yang dipoles dengan faktor modernisasi, biar eksistensinya senantiasa nampak, sebab selain tidak menghilangkan faktor budaya murni, pun harus membiasakan dengan pertumbuhan zaman.

Biasanya, Terobosan ini dibesarkan oleh para pengamat, pakar seni, seniman serta para ahli tari tradisional.

Meski mengalami banyak pergantian, tetapi faktor inti serta arti yang tercantum di dalam sebuah seni tari tidak akan diganti, jangankan diganti, dijamak pun tidak.

Contoh Tari Kreasi Baru

contoh tari kreasi
Wikimedia Commona

Salah satu Contoh Tari Kreasi Baru di Indonesia merupakan Tari Merak, yang berasal dari Jawa Barat.

Secara universal, Tipe Tari kreasi baru dipecah lagi menjadi 2, ialah tari kreasi yang berpolakan tradisi tari tradisi yang tidak berpolakan tradisi.

Tari Kreasi Baru berpolakan tradisi merupakan pergantian konsep tarian yang senantiasa mempertahankan arti serta pesan yang tercantum didalamnya.

contoh Tari Kreasi Baru Pola Tradisi

Tari Nguri

Tari Nguri merupakan tari wilayah asal kerajaan Sumbawa yang fungsinya sebagai pelipur lara alias tarian buat hiburan.

Alas mula mengapa tarian ini merupakan bagaikan tarian hiburan, sebab tatkala itu, Raja Sumbawa tengah menghadapi duka, sehingga sang raja memerintahkan beberapa perempuan untuk menarikan tari Nguri tersebut.

Tari Merak

Contoh tari kreasi baru yang selanjutnya merupakan Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat. Semacam namanya, kalau Tari Merak ini menimbulkan keelokan dari burung Merak dengan membentuk gerak badan penari menyamai burung merak.

Tari Rara Ngigel

Tari Rara Ngigel ialah contoh tari kreasi baru dari kota pelajar ialah Yogyakarta. Tarian ini diciptakan oleh Ida Wibowo seorang gadis seniman tari yang bernama Bagong Kusudiarjo.

Tari Rara Ngigel ini pun tercantum tari kreasi berpasangan sebab tarian ini dipertunjukan oleh sejoli laki-laki dan wanita.

Tari Kuntulan

Tari Kuntulan ini tercipta di abad 20, makanya mengapa tarian ini ialah contoh tari kreasi baru, sebab timbul di peradaban modern.

Tari Kuntulan ini berasal dari Pemalang, Jawa Tengah yang mempunyai karakteristik khas gerakan seragam dengan pencak silat.

Tari Kupu-Kupu

Contoh tari kreasi baru yang berikutnya ialah itu tari Kupu-Kupu yang berasal dari Pulau Dewata, Bali.

Serupa dengan namanya, kalau Tari Kupu-Kupu ini mengekspresikan kehidupan dari seekor kupu-kupu biru tua.

Tari Manipuren

Tari Manipuren ialah tari kreasi baru dari Jawa Tengah yang dibesarkan oleh seseorang koreografi yang bernama S. Maridi.

Tarian ini aslinya berasal dari Tari Manipuri dari India Timur yang mengisahkan pola hidup para wanita di sungai Gangga.

Tari Yapong

Contoh tari kreasi baru berikutnya ialah itu Tari Yapong yang berasal dari Jakarta. Diciptakan oleh Bagong Kusdiarjo.

Tarian ini membagikan cerminan tentang kehidupan warga Betawi pada masa itu (1977).

Tari Manuk Rawa

Tidak hanya Tari Kupu-Kupu, tari kreasi baru yang berasal dari Bali ada juga yang lain, ialah Tari Manuk Rawa.

Tari Manuk Rawa ini berasal dari sendratari Mahabarata dengan cerita lakon Bale Sigale-gale yang diciptakan oleh koreografer I Wayan Dibia serta dibantu oleh composer yang bernama I Wayan Beratha pada tahun 1981.

Tari Garuda Nusantara

Tari Garuda Nusantara merupakan salah satunya tari kreasi baru yang mencerminkan kenasionalismenya.

Tari Gauda Nusantara membuktikan keagungan, keelokan, kegagan, serta kelincahan seekor burung garuda yang ialah lambing Negeri Indonesia.

Tari Banjar Kemuning

Tari kreasi baru dari Jawa Timur yang berikutnya merupakan Tari Banjar Kemuning yang diciptakan oleh Agustinus, S. Sn. sang pencipta tari ini sudah termotivasi dari kehidpan warga Sidoarjo, tepatnya di desa Banjar Kemuning. Itu sebabnya, nama tari ini merupakan Tari Banjar Kemuning.

Selain itu, contoh teri kreasi baru yang lain juga masih banyak, seperti:

  • Tari Ongkek Manis
  • Tari Roro Wilis
  • Tari Kuntulan

Sedangkan tari kreasi yang tidak berpolakan tradisi merupakan kebalikannya tari tradisi yang berpolakan tradisi. Dan itulah yang kerap kita sebut dengan istilah tari modern.

Contoh Tari Kreasi Baru Pola Non Tradisi

tari kreasi tradisional
Visit The USA
  1. Break Dance
  2. Tari Hip-Hop
  3. Robot Dance
  4. Blood=Elf
  5. Ballroom Dance

Tidak hanya bersumber pada jenisnya di atas, Contoh Tari Kreasi pula dikelompokkan bersumber pada jumlah penarinya, ialah Tari Kreasi Tunggal, Berpasangan dan tari dalam Kelompok.

Berikut ini merupakan 10 contoh tari kreasi tunggal:

Contoh Tari Kreasi Tunggal

Tari Gambir Anom

Tari Gambir Anom ialah tarian berasal dari Jawa Tengah semenjak era Mataram Islam. Tarian ini mengisahkan tentang anak Arjuna yang lagi dirundung asmara. Was, lumayan menarik ya!

Tari Legong

Contoh kreasi tunggal berikutnya ialah Tari Legong, merupakan tarian yang lipentaskan oleh para penari wanita di Bali.

Pastinya, tarian ini bernuansa bali dengan baju mereka yang khas dari pulau Bali dengan corak terang kuning keemasan serta hiasan di kepala layaknya batari ataupun dewi di Bali.

Tari Gambyong

Tari Gambyong ialah tarian khas Surakarta, Jawa Tengah yang diciptakan oleh S. Maridi.

Dahulu, Tari Gambyong ini ialah tari kreasi tunggal sebab dimainkan oleh seseorang penari saja, tetapi bersamaan pertumbuhan era, Tari Gambyong ini mulai dimainkan secara berkelompok.

Tari Baris

Tari Baris ialah tarian yang membagikan cerminan seseorang prajurit yang hendak berangkat ke medan perang.

Jadi, Tari Baris ini pastinya dimainkan oleh seseorang laki-laki dengan badannya yang gagah buat menceminkan bagaikan seseorang prajurit.

Tari Golek Menak

Contoh tari kreasi tunggal yang selanjutnya ialah Tari Golek Menak, merupakan tarian dari Kesultanan Jogjakarta.

Tari Golek Menak ini diciptakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX langsung pada tahun 1940- an yang termotivasi dari wayang golek.

Tari Trunajaya

Kalian hendak bimbang tatkala memandang Tari Trunajaya ini. Sebab, tarian ini sangatlah unik dengan tarian yang dimainkan oleh seseorang wanita, tetapi didandani seperti seoarng laki-laki. Sebab, tarian ini menggambarkan wujud pemuda yang penuh semangat dalam hidupnya.

Tari Jaipong

Tari Jaipong ialah contoh tari kreasi tunggal yang berasal dari wilayah Parahiyangan.

Tari Jaipong ini dimainkan oleh seseorang perempuan dengan kain kebayanya sebagai kostum tari. Dengan begitu, tari ini terkesan lembut serta feminim.

Tari Klasik Gatotkoco

Semacam namanya, kalau Tari Klasik Gatotkoco ini berasal dari pewayangan serta menggambarkan tentang kehidupan Gatotkaca.

Tarian ini berasal dari Jawa Tengah yang menggambarkan Gatotkaca dapat terbang serta sakti mandraguna yang memanglah titisan dan generasi Bima alias Werkudara bapaknya.

Tari Dewi Anjasmara

Contoh tari kreasi tunggal berikutnya merupakan Tari Dewi Anjasmara yang berasal dari suku Sunda, Jawa Barat.

Tarian ini menggambarkan seseorang putri generasi bangsawan yang bernama Gadis Anjasmara.

Cerita itu diambil dari hikayat Jawa tentang cerita Damarwulan.

Tari Bondan

Bukan nama orang ya, tetapi nama tarian kreasi tunggal. Tari Bondan ini berasal dari wilayah Surakarta yang sampai saat ini mengalami pertubuhan pesat, sehingga tari terbagi atas 3 kelompok nama, iala:

  • Tari Bondan Cindogo
  • Tari Bondan Mardisiwi
  • Tari Pegunungan Tani

Kurang lebih seperti itu contoh dari tari kreasi tunggal.

Selanjutnya kita akan memahami juga contoh dari tari kreasi berpasangan.

Tari Kreasi Berpasangan

tari klasik untuk menyambut raja atau tamu di keraton
Blog kulo

Apa yang ada dalam benak kalian, tatkala mendengar kata tari kreasi berpasangan? Pacaran? Ups, janganlah, pacaran itu nggak ada, yang ada “Menikah”, hehe

Tari kreasi berpasangan itu ialah tari yang dipentaskan oleh sepasang atau sejoli laki-laki dan perempuan atau intinya dua orang aja.berpasangan.

Tari berpasangan ini lebih sulit dilakukan, sebab keduanya harus saling selaras serta harmonis sebagai pertunjukan panggung.

Berikut ini 10 contoh tari kreasi berpasangan:

Tari Serampang 2 Belas

Tari kreasi berpasangan yang awalnya merupakan Tari Serampang 2 Belas yang berasal dari Melayu Deli, provinsi Sumatera Utara.

Tari Serampang 12 ini menggambarkan tentang sejoli bujang yang menjalakan cinta dalam menciptakan jodohnya. Uuh, romantik banget khan…

Tari Payung

Tari Payung ini berasal dari Sumatera Barat yang hampir seragam dengan Tari Serampang 12. Semacam namanya, Tari Payung ini memakai property ataupun perlengkapan pendukung berupa payung.

Hampir mirip dan memang kayaknya sama dengan tari Serampang 12, tengah mengisahkan sejoli bujang yang lagi mencari jodohnya.

Tari Legong

Tari Legong ialah tari kreasi berpasangan yang berasal dari Bali.

Jadi, bukan cuma Tari Kecak serta Pendet saja yang populer di Bali, kalau Tari Legong ini juga pula sangat populer di pulau Bali. Tetapi, Tari Legong ini dimainkan oleh sejoli dari 2 wanita.

Tari Janger

Tari Janger ialah contoh tari kreasi baru berpasangan yang lain, yang mana Tari Janger ini pula berasal dari pulau Bali.

Meski Tari Janger ini dimainkan oleh 10 orang, tetapi mereka senantiasa berpasang-pasangan dalam melaksanakan gerakan. Sehingga masuk juga dalam kategori tari kreasi berpasangan.

Tari Ketuk Tilu

Tari Ketuk Tilu berasal dari Jawa Barat, ialah tarian yang masih mengangkut nilai-nilai budaya dalam tarian.

Kalian pasti akan terpesona memandang Tari Ketuk Tilu ini sebab penari-penari perempuan yang bergerak secara dinamis serta saling berpadu dengan pendampingnya.

Tari Bambangan Cakil

Tari Cakil ini berasal dari jawa Tengah yang dimainkan oleh 2 laki-laki, mereka berperan sebagai Arjuna dan Buto Cakil.

Tarian ini menggambarkan Arjuna melawan Buto Cakil raksasa.

Tari Srikandi Cakil

Sama halnya dengan tari Bambangan Cakil yang menggambarkan kedua orang saling bertarung. Tetapi, dalam Tari Srikandi Cakil ini diperankan oleh wanita dan laki-laki yang mana wanita berperan sebagai Srikandi yang menghajar Cakil.

Tari Pemburu Kijang

Tari kreasi berpasangan yang selanjutnya ialah Tari Pemburu Kijang yang masih berasal dari wilayah Jawa Tengah.

Seperti namanya, Tari Pemburu Kijang menggambarkan 2 orang laki-laki yang tengah memburu seekor kijang.

Tari Umarmaya-Umarmadi

Tari Umarmaya-Umarmadi ini berasal dari wilayah Yogyakarta yang termotivasi dari cerita Fulan dan Wulanah dari cerita agama Islam. Semacam halnya Tari Payung kalau tarian ini menggambarkan sejoli pacar yang lagi mencari jodohnya.

Tari Yosim

Masih sama seperti Tari Payung, kalau tarian yang berasal dari Papua ini menggambarkan kedua orang bujang yang tengah mencari cinta sejatinya dalam tariannya.

Tarian ini sangat populer di wilayah Papua yang kerap dipertunjukan di acara-acar adat mereka.

Seperti itu contoh- contoh dari tari kreasi di tiap wilayah yang butuh kita tahu bagaikan bonus pengetahuan nusantara serta budaya. Mudah- mudahan kita terus menyayangi budaya kitsa sendiri bagaikan budaya bunda kita serta senantiasa berbangsa serta bernegara.

Demikian contoh tari kreasi, dari mulai tari kreasi baru berpola tradisi, tidak berpola, tunggal dan berpasangan.

Terima kasih, semoga bermanfaat dan mendatangkan keberkahan.

Selamat dan sukses…….

sowhty.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: