jenis-jenis bahan baku kertas

Jenis-Jenis Bahan Baku Kertas

Jenis-jenis bahan baku kertas – Hi sobat budiman, bagaimana kabar kalian? Sehat? Eemm, kesempatan lalu kita telah membahas ni jenis-jenis jertas dan jenis-jenis kertas undangan, lantas apa sih bahan-bahan pembuatan kertas itu?

Nah, pada kali kesempatan ini, kita akan belajar terkait jenis-jenis bahan baku kertas. Kira-kira apa yang mucul di benak sobat budiman, tatkala mendengar kalimat jenis-jenis bahan baku kertas?

Kayuuu….

Wah, Good job sekali. Namun terasa masih kurang dan belum cukup kalau hanya sekedar kayu untuk bahan pembuatan kertas.

Loh emang masih ada lagi bahan baku kertas selain kayu?

Baca sampai selesai, pahami dan jangan lupa berikan kritik dan saran atau komentar Anda di kolom komentar oke.

Bahan-Bahan Pembuatan Kertas

Memang jenis-jenis bahan baku kertas ya dari kayu. Namun, selain itu ada lagi dua komponen sebagai bahan pembuatan kertas, yakni bahan pembantu dan bahan pelengkap.

Maka dapat disimpulkan bahwa bahan-bahan pembuatan kertas itu terdiri dari tiga komponen, yakni bahan baku, bahan pelengkap dan bahan pembantu.

Bahan baku ialah bahan utama dan yang paling utama dalam membuat kertas.

Bahan pembantu ialah bahan-bahan yang gunanya sebagai mempelancar pembuatan kertas.

Bahan pelengkap ialah bahan-bahan yang dibutuhkan tatkala proses pembuatan kertas berlangsung, supaya memperoleh hasil yang maksimal dan menghasilkan kertas yang baik serta berkualitas.

Bahan Baku Kertas Adalah Kayu

jenis-jenis bahan baku kertas
TheUjulala by px

Bahan baku membuat kertas adalah dengan menggunakan serat kayu (solulosa) dari pohon tanaman.

Kertas itu dibuat dari kayu yang berasal dari pohon-pohon yang sifatnya lunak seperti, pinus dan cemara atau juga bisa dari kayu keras seperti kayu akasia, aspen dan kayu putih.

Pengolahan kertas dibuat dari selulosa atau serat kayu yang sudah dihaluskan menjadi bubur kertas atau pulp.

Pulp atau bubur kertas sendiri adalah hasil pengolahan kayu dari penebangan pohon-pohon akasia, pinus cemara dan lain sebagainya.

Namun, khusus kayu yang ditanam untuk kayu pulp ialah cemara dan pinus yang banyak dibudidayakan di Amerika Utara.

Selain itu, ada juga jenis kayu putih untuk dijadikan bubur kertas atau puls yang dibudidayakan di Amerika Latin, Australia, Asia, Afrika bagian selatan dan Spanyol.

Di Asia Tenggara pun tidak kalah saing, disana banyak digunakan kayu pohon akasia (yang paling kerap digunakan ialah jenis Acacia Mangium) untuk dijadikan pulp kemudia dibentuk kertas.

Panjang dan pendeknya serat kayu atau sertas selulosa menjadi ciri terpenting sebagai pemilihan kayu pulp dan menentukan pohon apa dan mana yang dapat digunakan sebagai bahan baku kertas.

Kategori pohon yang digunakan untuk memproduksi kertas biasanya dan memang pada umumnya adalah yang khusus di perkebunan atau di tebang langsung dari hutan.

Pasca penebangan biasanya akan dilakukan reboisasi, sehingga pohon-pohon penghasil kertas dapat terus diperbaharui.

Selain sebagai bahan baku kertas, jenis-jenis pohon di atas juga bisa dan kerap digunakan untuk bahan baku bangunan.

Umumnya, kertas tersusun dari campuran kayu keras dan kayu lunak guna mencapai kekuatan dan permukaan cetak yang diharapkan pembeli.

sowthy.com

Komponen Kimia Kayu Untuk Kertas

alternatif pembuatan
RecearchGrate
  • Selulosa

Selulosa sendiri ialah komponen kimia kayu yang terbanyak. Kandungan selulosa pada kayu daun lebar antara 44% hingga 60% serta pada kayu daun duri ialah antara 49% hinga 58%.

Kandungan selulosa yang besar pada bahan dasar, sangat disukai dalam pembuatan pulp serta kertas. Sebab, berperan membentuk jalinan antar serat dengan jalinan hidrogen antar gugur hidroksiselulosa.

  • Hemiselolusa

Hemiselolusa ialah sesuatu polisakarida lain yang ada dalam kayu serta terkategori senyawa organik.

  • Lignin

Lignin merupakan kompenen kimia pada kayu terbanyak sehabis selulosa, artinya ialah senyawa lingkungan serta non-karbohidrat.

  • Zat Ekstraksif

Ialah zat yang diendapkan dalam rongga sel serta terdiri dari bahan-bahan kimia semacam minyak, yanin, resin, parafin, pekatin, lemak, zat corak, serta asam organik yang lain.

Baha Pembantu Kertas

bahan pembuatan kertas
qimono by px

Ada pula bahan pembantu pembuatan kertas antara lain ialah:

1. Air

Air dibutuhkan sebagai pencuci serta pelarut. Air pula sangat dibutuhkan dalam pembuatan kertas.

2. Bahan bleaching

Bahan bleaching dibutuhkan untuk membuat kertas dengan tujuan agar hasil kertas nanti menjadi lebih putih dan bersih, karena pada dasarnya bahan baku kertas tidak memiliki corak.

Adapun bahan bleaching atau pemutih itu antara lain:

  • Klor/klorin(Cl2) serta klor dioksid (C1O2)
  • Natrium hidroksida (NaoH)
  • H2020
  • Hidrogen Peroksid
  • Natrium Bisufat
  • Natrium Peroksid
  • Kalsium Bisufat

Bahan penghancur kayu pun sangat dibutuhkan, supaya proses penghancuran kayu tidak dengan metode mekanis melainkan dari reaksi bahan kimia.

Bahan-bahan untuk penghancur kayu tersebut antara lain:

  • Asam
  • Asam sulfat Alkali
  • Sodium Hidroksid
  • Bahan perona (dibutuhkan tatkala akan membuat kertas bercorak)

Bahan Pelengkap

Bahan pelengkap sendiri ada dua macam dalam proses pembuatan kertas, yakni ada:

1. Bahan pengisi

Bahan pengisi ialah bahan yang akan digunakan untuk menutup lubang-lubang halus pada permukaan kertas. Sehingga dengan menyertakan bahan ini, akan diperoleh kertas yang rata dan halus.

Bahan pelengkap sebagai isi tersebut ialah:

  • Kaolin
  • Gips
  • Tanah diatomea
  • Kapur magnesit

2. Bahan perekat kertas

Bahan perekat ialah bahan yang akan digunakan untuk merekatkan serat selulose atau kayu agar kuat dan kokoh.

Diantara bahan-ba-bahan yang digunakan sebagai perekat ialah:

  • Perekat hewani
  • Perekat arpus
  • Perekat tepung kanji

Jenis-Jenis Bahan Baku Kertas Alternatif

Kertas telah jadi kebutuhan utama untuk manusia, baik buat pengarsipan, penyampaian, data, maupun sebagai alat pembersih.

Para periset Amerika Serikat mendapatkan informasi bahwasanya, dalam satu tahun seseorang karyawan kantor dapat mengahabiskan 10. 000 lembar kertas tiap tahun.

Sebaliknya lembaga semacam perbankan bisa menghabiskan kertas kurang labih 40. 000 lembar per tahunnya.

Bagi Rosmainar (2017), pengosumsi kertas di dunia hingga saat ini sudah menggapai 394 ton dan itu diperkirakan masih akan bertambah jadi 490 ton pada 2020 ini.

Dengan begitu, mengkonsumsi kertas yang kelewatan secara terus menerus akan membahayakan populasi tumbuhan yang terdapat di hutan, spesialnya di Indonesia.

Apalagi, Forest Ethics apalagi mencatat kalau pemakaian kayu sebagai bahan baku kertas menggapai 40% dari industri kayu secara totalitas. Sebagai paru-paru dunia, pastinya keberadaan pepohonan untuk bahan baku kertas sangat perlu bahkan wajib dilestarikan.

Oleh karenannya, dibutuhkan adanya suatu upaya yang sekiranya dapat jadi pemecahan alternatif demi mengurangi pemakaian kayu sebagai bahan baku utama pembuatan kertas yang berlebihan.

Dalam upaya mengurangi pemakaian kayu, suatu riset tentang analisis bahan- bahan alternatif pengolahan dalam pembuatan kertas menciptakan sebagian bahan baku alternatif pembuatan kertas, di antara lain:

1. Tebu dan Sampah Daur Ulang Kertas

komposisi pembuatan
Momolebo2020 by px

Memiliki tekstur yang rapu, agresif, keras, ikatan partikel yang padu, serta penampakan serat yang mencuat di permukaan kertas ialah hasil perpaduan antara tebu dan sampah kertas.

Bersumber pada hasil dari riset ini, hasil dari perpaduan antara tebu serta sampah kertas sangat sesuai serta cocok buat dijadikan kertas seni.

2. Jerami

jenis pohon selain kayu
Bru-nO by px

Sebab tekstur serta serat yang unik pada jerami padi, akhirnya jadi salah satu aspek yang membuatnya bisa dijadikan bahan baku alternatif buat pembuatan kertas.

Hasil kertas seni dari jerami padi bisa terbentuk dalam wujud kotak tisu, kotak pensil, serta bingkai gambar.

3. Kulit Jagung, Tongkol Jagung dan Daun Jati

prosese pembuatan kertas
Couleur by px

Nyaris sama dengan tebu dan juga sampah kertas, perpaduan antara kulit jagung, tongkol jagung, dan daun jati pun mampu mengahasilkan kertas seni.

Buat pembuatannya sendiri, dianjurkan memakai bahan baku kulit jagung yang telah dalam kondisi kering. Sebaliknya buat yang tongkol jagung bisa memakai yang muda maupun yang tua.

Sebab perbandingan tingkatan kekerasan antara tongkol jagung dengan kulit jagung biasanya akan membutuhkan waktu yang berdeba dalam pemprosesannya.

Dalam proses pengalusannya, dianjurkan untuk melakukannya sedikit demi sedikit, biar pulp yang dihasilkan lebih halus serta optimal.

Sama halnya dengan proses pencetakan, penjemuran, serta pewarnaan. Seluruhnya wajib dicoba dengan hati-hati serta cermat biar mutu kertas seni yang dihasilkan lebih baik.

4. Bahan dari Batang Pisang

bahan kimia pembuatan
MassimoPiarulli by px

Siapa yang menyangka, kalau nyatanya pulp pada batang pisang mempunyai kemampuan buat digunakan sebagai pulp kertas sekala industri.

Sebab pulp yang dihasilkan oleh batang pisang lebih baik dari pada range perolehan pulp industri pulp kimia yang berkisar anatara 35% hingga 63%.

Karenanya, pulp batang pisang sudah tercantum dalam standar mutu pulp kertas yang mumpuni buat pulp kertas skala industri.

5. Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Selulosa Mikrobial Nata de Cassava

jenis-jenis bahan baku kertas
Berita :: GLOBALPLANET.news

Perpaduan pulp tandan kosong kelapa sawit ataupun (TKKS), dengan pulp selulosa mikrobial sanggup menciptakan kertas dengan energi serap air rendah.

Penggolongan Kertas Bersumber pada Kegunaannya

1.Uncoated Ground Wood

Ialah kertas yang tidak mempunyai susunan melamin kertas serta bubur kertas yang dibuat tanpa bahan kimiawi. Contoh kertas ini ialah kertas Koran.

2. Coated Ground Woodseni

Ialah kertas yang tidak memiliki 10% Pulp mekanisme dengan sisanya yang memakai pulp kimia. Contoh kertas ini ialah majalah.

3. Uncoated wood free

Ialah kertas yang mempunyai isi pulp mekanisme lebih rendah 10% serta tidak mempunyai susunan melamin. Contoh kertas ini ialah HVS, kertas, novel tulis serta kertas juga digunakan sebagai amplop.

4. Kraft Paper

Ialah kertas yang terbilang lebih kokoh ataupun tebal. Jenis kertas ini, ialah kertas pembungkus nasi, karung kantung semen.

5. Bleached Paperboard

Ialah tipe kertas yang tercantum buat membuat gelas kertas, piring kertas, karton tebal serta kartu nama.

6. Recyled paperboard

Ialah tipe kertas karton yang digunakan sebagai pelapis gypsum, Tipe kertas ini bisa dibuat contoh tisu gulung.

7. Makket pulp

Ialah kertas yang dipecah jenisnya bersumber pada jenis kayu yaitu bubur kertas yang dijual lembaran atau gulungan.

Pabrik Pembuat Kertas di Indonesia

Ada lumayan banyak pabrik kertas yang tersebar di belahan bumi Indonesia, diantaranya:

  • Surya Rengo Containers, Tangerang
  • Sliontec Ekadharma Indonesia, Bekasi
  • Eco Paper Indonesia, Subang
  • Tanjungenim Lestari Pulp and Paper, Palembang
  • Evergreen International Paper, Medan
  • Alkindo Naratama, Bandung

Demikian ulasan terkait jenis-jenis bahan baku kertas. Ada juga beberapa bahan baku alternatif dan pabrik kertas yang bisa kita ketahui.

Terima kasih, semoga bermanfaat dan mendatangkan bekerkahan.

Salam hebat luar biasa

sowthy.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: