jenis-jenis kertas undangan

Jenis-Jenis Kertas Undangan yang Paling Nge-Top

Jenis-jenis kertas undangan -Hi sobat budiman, bagaimana kabar kalian? Sehat? Eemm, cie yang mau nikah, engga jomblo lagi dech, sibuk cari macam-macam kertas undangan yang cocok untuk acara pernikahanmu ya?

Iya memang, untuk kamu yang tengah mempersiapkan acara pernikahan, pasti sedang sibuk memilih desain undangan mau bagaimana hingga kertasnya pun harus jenis apa.

Karena ngga mau ambil pusing, banyak orang yang menyerahkan semua itu kepada pihak percetakan. Padahal, kamu dapat mememsan jenis kertas undangan yang bagus dan sesuai selera, itu semua bisa jika kamu tau jenis-jenis kertas undangan.

Aku belum tahu ni jenis-jenis kertas undangan ada berapa macam, aku tau hanya 2-3 jenis saja, dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu.

Untuk kamu yang terlalu sibuk mengurus undangan pernikahan, kamu bisa kok memesan surat undangan itu via online. Pesan aja di Ratu Souvenir, selain menyediakan surat undangan yang kece-kece, kamu juga bisa sekaligus pesen souvenir yang tak kalah kece juga.

Oke, santuy aja, kami sowthy.com akan ngasih tahu kalian ni terkait apa aja sih jenis-jenis kertas undangan? Ada berapa macam ya?

Dimari, kita pahami jenis-jenis kertas undangan di bawah ini:

1. Kertas Undangan Art Paper

soft cover bahan kertas art paper
Pinterest

Ciri dari jenis kertas undangan ini mempunyai permukaan yang halus dan mempunyai efek glossy.

Jenis kertas ini selain dapat dibuat undangan, juga biasa digunakan untuk pembuatan kalender gantung.

Namun antara keduanya tentu ada perbedaan. Tatkala kertas ini dibuat untuk undangan, maka akan dijadikan pelapis luar atau dalam hard cover , tapi dapat juga digunakan untuk isi undangan tersebut.

Hasil cetakan undangan dengan jenis kertas yang satu ini, akan terlihat lebih mewah jika ditambah laminasi dengan doff, glossy, atau UV.

2. Kertas Undangan Jasmine

sering digunakan di percetakan
Uprint.id

Jenis kertas undangan selanjutnya ialah kertas jamine, jenis kertas yang memiliki tekstur gliter.

Biasanya, kebanyakan percetakan ketika mendapat customer yang pasrah akan jenis kertas undangan, nah kertas inilah yang biasa mereka pakai untuk membuat undangan pernikahan mereka.

Kertas jasmine tidak dapat melalui percetakan, namun hanya dapat menggunakan teknik deboss atau emboss.

Selain itu, kertas jasmine juga jenis kertas yang sulit menyerap tinta, makanya tidak disarankan untuk melalui proses percetakan yang menggunakan tinta. Mengapa? Sebab akan membutuhkan waktu yang cupuk lama untuk mencapai titik kering tintanya.

3. Kertas Undangan Ivory

Ialah jenis kertas udangan yang memiliki paduan antara art paper, matt paper dan art carton.

Jenis kertas undangan yang satu in akan sangat bagus bila dipadukan dengan desain yang lucu dan unik.

Untuk kamu yang bingung mencara jensis kertas undangan, kerta ini recomended banget lo untuk hasil cetakan undangan yang mewah dan unik.

4. Keras Undangan Art Carton

jenis-jenis kertas undangan
Shopee

ialah kertas yang hampir sama dengan art paper, yang membedakan hanya pada gramaturnya.

Kertas art carton cenderung lebih tebal dari pada arta paper.

Biasanya kertas jenis ini digunakan untuk produk tag dan sejenisnya. Namun, tidak jarang kok orang memilih art carton sebagai bahan untuk kertas undangan pernikahan mereka.

5. Kertas Undangan Matt Paper

jenis-jenis kertas undangan
Hipwee

Jika dilihat sekilas, kertas ini memiliki kesamaan dengan art paper, namun kalau diamati lebih cermat lagi, matt paper tidak mempunyai warna glossy dan lebih cepat menyerap tinta.

Oleh karenanya, matt paper-lah yang sering digunakan untuk mencatak undangan pernikahan.

6. Kertas Undangan Concorde

Jenis kertas concorde ialah kertas undangan yang memiliki ciri khas dengan permukaannya yang penuh serat garis tidak beraturan.

Pada umumnya, kertas jenis ini digunakan untuk membuat kop surat atau emplop (untuk concorde yang tipis), kartu nama atau sertifikat (untuk concorde yang tebal).

Selain itu, jika jenis kertas ini digunakan untuk undangan pernikahan, maka akan terkesan nuansa yang lebih romantis. Hem, sosweett…

7. Kertas Undangan Samson Kraft

Ini yang menarik. Kertas undangan yang satu ini adalah hasil daur ulang dari kertas-kertas yang sudah nggak kepakai kemudian dimanfaatkan dengan baik.

Maka tidak heran jika ciri yang paling khas dari kertas ini adalah berwarna coklat kusam, tekstur kasar dan bahkan terasa seperti ada pasir-pasirnya gitu ketika diraba atau diusap.

Namun jangan salah, kertas samson kraft akan menjadi bernilai dan berarti tatkala sudah disulap menjadi cetakan undangan.

Adapun untuk warna favorit yang sering digunakan ialah warna coklat kusam. Sebab warna coklat dianggap dapat memberikan nuansa klasik.

Mencatak undangan pernikahan menggunakan kertas ini biasanya hanya mencangkup dua warna khusus, hal ini bertujuan agar keklasikannya tidak hilang.

8. Kertas Undangan Linen

buat pernikahan  yang elegan
Mello.id

Kertas ini selain sering digunakan untuk mencetak undangan pernikahan, ternyata juga banyak digunakan untuk mencetak kartu nama, sertikifat dan percetakan foto.

Kertas linen teksturnya kasar, pada permukaan-permukaannya ada garis-garis tipis yang timbul.

Kertas ini tergolong kertas yang prosesnya fleksibel, kamu bisa mencetaknya dengan cara apa saja, bisa secara manual maupun secara digital.

Jika kamu menginginkan kertas undangan yang unik, maka kertas inilah menjadi recomended buat kamu.

Selain memiliki sifat yang unik, kertas ini juga memiliki karakteristik kuat, sehingga kalau desain undangan tersusun rapi dan tepat, maka akan terlihat sangat mewah.

9. Kertas Undangan Aster

Kertas undangan aster ini adalah kertas yang tergolong kualitasnya mewah dan harganya mahal.

Ciri dari kertas ini ialah memiliki tekstur dan permukaan yang hasul tatkala diraba atau diusap.

Kertas aster sering kali menjadi alternatif untuk orang-orang yang mengingikan persa pernikahan yang eksklusif.

Ada banyak varian warna yang bisa anda pilih.

Selain untuk bahan surat undangan, kertas ini juga kerap dijumpai pada pembuatan sertifikat dan kartu nama.

9. Kertas Undangan Akasia

akasia
Kreasi Undangan

Kertas aksia ialah jenis kertas yang hampir mirip teksturnya dengan kain, ada garis-garis yang membentuk seperti tenunan.

Selain populer untuk mencetak undangan, kertas ini juga kerap digunakan untuk mencetak piagam, foto dan sertifikat.

Hindarilah mencetak dengan warna blok pada kertas jenis ini, sebab biasanya akan meninggalkan debu.

Akibat debu-debu itu, sehingga warna yang dihasilkan akan nampak bolong-bolong, menjadi tidak solid.

Namun kalau pilihan warna dan desainnya pas, pernikahan yang menggunakan undangan ini akan terkesan mewah.

10. Kertas Undangan Hawai

Mua nikah? Kenali dulu jenis undangan yang satu ini.
Masnid

Kertas ini, mantap kali pokoknya kalau dibuat untuk cetakan undangan.

Anda bisa memilih varian warna sesuka hati anda, namun yang paling banyak dipilih dan memang telah menjadi populer adalah warna biru dongker dan merah maroon.

Dua warna itulah yang sering dipilih para calon pengantin, sebab dinilai sebagai warna yang memiliki kartakter.

Eemm, jadi mau pilih kertas mana ni untuk undangan pernikahan Anda?

Kami harap Anda sudah menemukan jenis kertas undangan yang sesuai dengan desain maupun keinginan hati Anda.

Bila berkenan, Anda bisa pesan surat undangan berserta souvenirnya juga di Ratu Souvenir.

Demikian ulasan terkait macam-macam kertas undangan.

Terima kasih, semoga bermanfaat dan mendatangkan keberkahan.

Selamat dan sukses…..

sowthy.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: