jenis-jenis media sosial

Jenis-Jenis Media Sosial

Jenis-jenis media sosial – Hi sobat budiman, bagaimana kabar kalian? Sehat? Eemm, belajar terkait macam-macam media sosial, kehidupan manusia saat ini tak lepas dengan yang namanya media sosial, dari bangun tidur hingga tidur lagi, kita acap kali mengakses media sosial bukan?

Hampir setiap hari orang mengakses bermacam-macam dari mulai mencari informasi terbaru ataupun yang lagi viral atau bisnis.

Terlebih pengguna media sosial kian meluas tidak cuma diperuntukan individu tetapi pun memasuki ke korporasi ataupun unit bisnis.

Namun sebelum kita membahas jenis-jenis media sosial, alangkah baiknya jika kita pahami dulu ni, apa itu media sosial?

Pengertian Media Sosial

pengertian menurut para ahli
FirmBee by px

ialah suatu sarana atau saluran untuk pergaulan sosial berbasis online yang dilakukan di dunia maya atau istilahnya “Internet”.

Para pengguna sosial media disebut dengan user media sosial. Mereka itu akan melakukan komunikas, saling kirim pesan, interaksi dan bahkan bisa saling berbagi (share) kabar berita atau membangun jaringan (networking).

Di zaman yang serba teknologi ini, bukan hal yang asing untuk istilah media sosial, hampir setiap orang kecil besar, tua-muda bahkan anak balita pun melakukan kegiatan bersosial media.

Sebagian meraka memanfaatkan sosial media sebagai peluang untuk berkecimpung di dunia bisnis, namun labih banyak dari mereka yang hanya digunakan untuk hiburan semata.

Selain itu, pengertian dari media sosial yang dikutip dalam laman wikipedia

Ialah suatu media online yang mana para user “penggunanya” memungkinkan melakukan berbagai macam kegiatan, seperti:

  • Menulis dan berbagi konten blog
  • jejaring sosial
  • Wiki
  • Forum
  • Dunia virtual dsb

Blog, jejarng sosial dan wiki ialah media sosial yang sudah populer dan digunakan oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia ini.

Ciri-Ciri Media Sosial

jenis-jenis media sosial
Foundry by px

Pakar ahli seperti Gamble, Teri dan Michael dalam kutipan Communication Works, media sosial itu memiliki ciri-ciri:

  1. Pesan yang dikimkan bukan ditunjukkan untuk satu orang saja, namun juga ke banyak pengguna lain.
  2. Pesan yang disampaikan sifatnya bebas, tanpa perlu melalui suatu Gatekeeper.
  3. Untuk si penerima pesan yang menentukan waktu interaksinya.
  4. Pesan yang dikirim bisa cepat tersampaikan.

Masa digital dikala ini, media sosial boleh dibilang sudah jadi bagian berarti dalam kehidupan manusia. Data tidak lagi cuma kepunyaan media massa, namun sudah beralih menjadi milik media sosial.

Adanya media sosial di tengah maraknya jenis media massa sangat berpengaruh membawa pergantian komunikasi manusia di dunia saat ini.

Sifatnya yang digital, konvergensi, interaktif serta senantiasa tumbuh dalam pembuatan pesan dan penyebaran pesan, buatnya menemukan julukan bagaikan the new media.

Definisi media sosial bagi pakar media sosial Rulli Nasrullah merupakan media internet yang membolehkan penggunanya merepresentasikan dirinya dengan berhubungan, bekerja sama, berbagi, berbicara dengan pengguna lain yang membentuk jalinan sosial secara virtual.

Konsep virtual inilah yang setelah itu membolehkan pengguna media sosial menampilkan mereka di jaringan yang luas.

Jauh saat sebelum media sosial booming, warga memahami media berbentuk: koran, tv serta radio. Saat ini dengan zaman yang serba digital, media massa juga bertransformasi baru menjadi media siber.

Media siber ini berbeda dengan media sosial. Persamaannya cuma kedua media ini terletak dalam satu platform.

Media sosial memiliki karakteristik khusus, ialah:

Jaringan

Jaringan merupakan infrasturktur yang menghubungkan antara pc dengan fitur keras yang lain.

Koneksi merupakan elemen berarti terbentuknya komunikasi. Sebab amat tergantung dengan adanya jaringan, hingga komunikasi melalui media sosial tidak akan bisa terjalin bahkan bisa terputus.

Informasi

Informasi di media sosial umumnya tentang identitas pengguna media sosial itu sendiri dalam memproduksi konten, serta melaksanakan interaksi bersumber pada data.

Arsip

Media sosial memiliki kelebihan, ialah mampu menaruh informasi lebih banyak dibanding media konvensional.

Arsip yang tersimpan dalam fitur apapun bisa diakses kapan saja serta dimana saja.

Interaksi

Jaringan pengguna yang luas tidak cuma semata-mata ikatan pertemanan tetapi pun juga ada pengikutnya. Interaksi inilah yang wajib dibentuk antar penggunanya.

Simulasi sosial

Media sosial mempunyai keunikan, ialah bisa menjumpai suatu hal yang bisa jadi tidak ditemui dalam tatanan warga yang real.

Konten dibuat oleh pengguna

Konten terbuat oleh pengguna ataupun owner account ini ialah budaya media baru yang membagikan peluang serta keleluasaan penggunanya buat berpartisipasi.

Hal ini pasti berbeda dengan media konvensional yang khalayaknya sebatas objek ataupun target pasif.

Jenis-Jenis Media Sosial

sejarah, dampak ciri-ciri
LoboStudioHamburg by px

Ada banyak jenis-jenis media sosial, dan diantara jenis itu dibagi lagi menjadi 6 kategori:

1. Media Jejaring Sosial (Social Networking)

Jenis media sosial ini terkenal digunakan pengguna untuk melakukan hubungan sosial. Yang membedakan tipe media sosial ini dengan yang lain ialah bahwa setiap pengguna membentuk jaringan pertemanan.

Pertemanan tersebut umumnya sudah dikenal pengguna yang selanjutnya bergaul di dunia nyata setelah itu membentuk jaringan pertemanan baru. Contoh jejaring sosial ini merupakan Facebook dan LinkedIn.

2. Media Sosial Blog

Blog atau bisa disebut dengan aktivitas harian. Setelah itu terdapat respons dari pengguna web tersebut.

Awal mulanya, web semacam web individu ataupun jenis personal homepage. Salah satu penyedia sarana halaman weblog free ialah WordPress dan Blogspot.

3. Media Sosial Microblogging

Nyaris mirip dengan web, microblogging membentuk suatu komunitas. Umumnya, pengguna aka menulis setelah itu mempublikasikan kegiatan di dalamnya.

Untuk serakang ini, microblogging yang diketahui serta digunakan banyak orang ialah Twitter.

4. Media Sosial Sharing

Jenis media sosial ini ialahjenis media sosial yang memfasilitasi penggunanya buat berbagi dokumentasi, video, serta foto. Contoh media ini ialah:

  • Instagram
  • Youtube
  • Flickr
  • Snapchat

5. Penanda Media Sosial

Metode kerja media sosial ini ialah menaruh, mengelola serta sebagai tempat buat mencari data, informasi atau kabar tertentu.

Web sosial ini diketahui dengan istilah agregator serta kurator. Di Indonesia salah satu web yang diketahui dan terkenal ialah Beritagar.

6. Media konten bersama

Media sosial ini semacam kamus ensiklopedia yang isinya berbentuk penafsiran, sejarah, sampai referensi sebuah buku.

Media ini umumnya ditulis bersama oleh pengunjung yang maksudnya kolaborasi bersama dalam mengisi konten pada web ini.

Media sosial konten bersama contohnya ialah Wikipedia.

Memanfaatkan Media Sosial Untuk Memperoleh Uang

jenis-jenis social media
nattanan23 by px

Media sosial tidak cuma digunakan buat menyalurkan hobi saja, faktanya kita bisa juga memanfaatkannya untuk memperoleh uang.

Dan pekerjaan yang dilakukan di dalam sosial media, tidak menuntut kita untuk hadir di kantor, dimana saja tempatnya asal kita nyama, ok ok saja buat bekerja.

Kita dapat menjadi penulis lepas buat account Instagram resmi miliki suatu industri pemasaran, membuat video Youtube untuk menjelaskan metode memakai gawai opsi industri tertentu,.

Selain itu, kita juga bisa bekerja sebagai pengembang untuk account media sosial sebuah indrustri besar.

Pengaruh Media Sosial

jenis-jenis media sosial
Erik_Lucatero by px

Komunikasi yang terbentuk dalam media sosial akan sengat bepengaruh pada lingkungan masyarakat luas.

Karena melalui media sosial, orang dengan gampang bisa berpartisipasi, berbagi serta menghasilkan konten yang setelah itu dengan kilat dapat diakses oleh warga dimana saja serta kapan saja.

Jangkauan yang luas inilah yang akan membawa pengaruh besar untuk kehidupan masyarakat.

Pengaruhnya dapat negatif maupun positif. Berikut pengaruh media sosial yang bisa merubah kehidupan orang banyak.

  • Keyakinan nilai serta perilaku
  • Pemikiran dunia
  • Organisasi sosial
  • Tabiat manusia
  • Orientasi aktivitas
  • Persepsi diri dan orang lain

Tingkatan Dalam Berkomunikasi Dalam Media Sosial

macam-macam media sosial berdasar fungsi dan kegunaannya
geralt by px

Tingkat komunikasi dalam media sosial terdiri dari 4 macam ialah komunikasi intrapersonal, komunikasi kelompok, komunikasi publik dan komunikasi massa.

Apabila berhubungan pada tingkat komunikasi, media sosial masuk dalam campuran tahap komunikasi intrapersonal serta komunikasi massa.

Sebab, kedua tahap komunikasi tersebut menjangkau khalayak secara global dan bersamaan.

Misalnya, dikala pengguna membuat konten di media sosial mereka akan masuk dalam komunikasi intrapersonal. Setelah menyebar, hingga konten tersebut bisa dinikmati oleh banyak orang, maka saat itulah komunikasi sudah berganti menjadi komunikasi media massa.

1. Komunikasi intrapersonal

Komunikasi ini dimengerti oleh dua orang yang saling berbincang secara kontekstual.

Komunikasi intrapersonal identik dengan komunikasi dalam kelompok yang kecil karena yang nampak dalam komunikasi umumnya tidak banyak.

Lalu apabila dalam komunikasi terdapat satu pihak yang menarik diri dari obrolan tersebut. Maka, komunikasi intrapersonal juga berakhir.

Apabila diterapkan dalam media sosial, komunikasi intrapersonal terjalin tatkala pengguna media sosial mengirimkan pesan. Setelah itu terdapat respons yang diberikan atas pesan yang dikirim. Maka pada saat itulah komunikasi intrapersonal terjadi.

Metode berbicara online ini sangat memudahkan orang buat ikut serta serta cenderung berani mengatakan pendapatnya. Orang biasanya akan lebih membuka diri kepada sesama baik yang belum maupun yang sudah dikenal.

2. Komunikasi massa

Komunikasi massa ialah tingkat komunikasi dengan cakupan target komunikasi yang luas.

Komunikasi massa terdiri dari pesan- pesan yang didistribusikan ke target audiensi yang lebih banyak serta luas.

Pelaksanaannya di media sosial, komunikasi massa dilihat dari respons pengguna media sosial akan suatu pesan yang dikirim oleh salah satu pengguna media sosial.

Apabila pesan tersebut viral serta jadi pembicaraan banyak orang, maka pesan yang awal mulanya sifatnya intrapersonalakan berganti menjadi komunikasi massa.

Demikian ulasan terkait jenis-jenis media sosial beserta tingkatan dan pengaruhnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Terima kasih, semoga bermanfaat dan mendatangkan keberkahan.

Selamat dan sukses….

sowthy.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: