nama pakaian adat bengkulu

Nama Pakaian Adat Bengkulu Terkini dan Terlengkap

Nama pakaian adat Bengkulu – Hi sobat budiman, bagaimana kabar kalian? Sehat? Selamat datang kembali sahabat sowthy.com, kali ini kita akan membahas pakaian adat Indonesia, tepatnya nama pakaian atau busana adat Bengkulu.

Bengkulu sebagai salah satu bagian Provinsi di Indonesia yang juga akan budayanya, salah satunya berupa pakaian adat.

Pakaian adat Bengkulu dipengaruhi oleh budaya Melayu. Namun karena sudah terakulturasi oleh alam di Bengkulu, alhasil pakaian adat Bengkulu ini mempunyai ciri khas tersendiri dibanding dengan busana adat Melayu dari daerah lainnya.

Pada kesempatan yang kesekian kali ini, sowthy.com akan mengajak sobat untuk mengenal nama pakaian adat Bengkulu, gambar serta penjelasannya.

Pakaian itu mencangkup dari Pakaian Adat Bengkulu maupun Baju Pengantin adat Bengkulu.

Nama Pakaian Adat Melayu Bengkulu

nama pakaian adat bengkulu

Busana adat Bengkulu atau disebut dengan Pakaian Adat Melayu Bengkulu, bukan hanya satu jenis saja, namun terdiri dari pakaian adat Bengkulu untuk pria dan pakaian adat Bengkulu untuk wanita.

Dimari, kita mengenal seperti apa itu pakaian adat Bengkulu untuk pria dan untuk wanita, apakah berbeda? Jelaslah.

a. Pakaian Adat Pria Bengkulu

Nama Pakaian adat Bengkulu yang dikenakan oleh pria atau busana adat pria Bengkulu terdiri atas:

  • Sarung
  • Jas
  • Celana panjang
  • Alas kaki
  • Tutup kepala
  • Keris

Jas yang digunakan dalam pakaian adat Bengkulu biasanya berwarna gelap semacam hitam atau biru tua. Kain yang digunakan pun berasal dari kain bermutu tinggi seperti wol misal.

Demikian juga untuk celananya, celana busana adat Bengkulu juga terbuat dari bahan dan warna yang sama.

b. Pakaian Adat Wanita Bengkulu

Nama Pakaian adat Bengkulu yang dikenakan oleh wanita ialah berupa baju kurung berlengan panjang yang terbuat dari bahan beludru.

Baju ini memiliki hiasan bertabur warna-warni dan sulaman emas yang berbentuk lempengan-lempengan bulat seperti uang logam.

Bahan beludru yang digenakan dalam pembuatan baju kurung umumnya memiliki warna gelap juga, seperti berwarna merah tua, biru tua, hitam atau lembayung.

Pengenaan baju kurung ini akan dipadukan dengan sarung songket berhias benang emas atau perak yang terbuat dari bahan sutra.

Pakaian Pengantin Bengkulu 

pakaian adat 34 provinsi berserta gambarnya pdf

Selain nama pakaian adat Bengkulu diatas, ada juga pakaian adat Bengkulu yang biasanya dikenakan oleh pengantin.

Baju pengantin Bengkulu biasanya dibuat lebih mewah dari hanya sekedar pakaian adat saja. Biasanya pengantin Bengkulu yang mengenakan pakaian adat Bengkulu akan diperlakukan bak raja dan ratu.

Selama satu hari full biasanya akan dirangkai upacara adat pernikahan Bengkulu.

Pakaian adat Bengkulu untuk para pengantin pun sama, yakni ada untuk pria dan khusus untuk wanita.

a. Baju Pengantin Pria Bengkulu

Pakaikan pengantin pria Bengkulu terdiri dari:

  • Jas yang tertutup dari bahan beludru hitam, biru tua, merah tua yang bertabur corak sulaman atau lempeng-lempeng emas.
  • Celana selutut
  • Kain songket yang dililitkan pada pinggang

Sebagai pelengkap tampilan, dikenakankan pula perhiasan kalung bersusun dan mahkota yang berhiasan gunjai-gunjai.

Selaian itu juga seorang pengantin pria akan dipakaikan alas kaki beludru yang bercorak keemasan, sebilah keris dan gelang emas di tangan kanan.

b. Pakaian Pengantin Wanita Bengkulu

Pakaian atau busana pengantin wanita Bengkulu pun terbuat dari bahan Beludru merah tua, biru tua dan hitam, pokonya serasi dengan busana pengantin pria.

Selain itu, ada pula kelengkapan lain berupa:

  • Mahkota bercorak keemasan
  • Kalung bersusun
  • Ikat pinggang
  • Gelana emas pada kedua pergelangan tangan
  • Alas kaki berupa selop bersulam emas

Demikian Sobat budiman, penjelasan terkait nama pakaian adat Bengkulu yang terdiri dari Pakaian Adat Melayu Bengkulu dan Baju pengantin Bengkulu.

Selain itu, sowthy.com akan mengajak sobat pembaca yang budiman untuk memahami pula kain Bersurek dan kain Kagangga khas adat Bengkulu.

Kain Bersurek dan Kain Kagangga Khas Adat Bengkulu

nusa tenggara timur, lampung, jambi, riau

Selain dikenal dengan pakaian khasnya, Bengkulu juga dikenal dengan budaya batiknya yang memiliki ciri khas.

Batik khas Bengkulu terkenal dengan sebutan batik besurek. Batik besurek ialah batik yang memiliki motif kaligrafi huruf Arab.

Adapun tulisan arab itu mengambil dari potongan ayat-ayat suci Al qur’an, yang mana batik tersebut dikategorikan bernuansa sakral dan tidak boleh dikenakan sembarangan.

Batik besurek hanya boleh dikenakan untuk menutupi tubuh bagian atas, seperti ikat kepala, alas bayi pada upacara cukur rambut dan sebagai kain untuk penutup jenazah.

Selain penggunaan yang secara khusus, tidak ada yang diperbolehkan untuk menggunakan ataupun mengenakan sebagai perhiasan tubuh.

Namun, jika beruntung kita bisa mendapatkan batik khas pakaian adat Bengkulu ini disekitar portokoan Anggut Atas, Kota Bengkulu.

Apa Bengkulu hanya mempunyai batik besurek sebagai batik khas Bengkulu?

Oh tidak, masih ada lagi satu batik khas Bengkulu. Apa itu? Seperti yang telah tersebut dalam judul. Iya apa? Batik Kagangga.

Ok, benar sekali.

Selain batik besurek, Bengkulu ini juga mengembangkan jenis-jenis variasi batik khas lain yang memang sudah ada pada zaman dahulu.

Batik terpopuler selanjutnya ialah dengan nama batik Kagangga.

apakah sama bahan pakaian batik Kagangga dengan bersurek?

Batik Kagangga ialah batin yang bermotif warna khas dari tanah Rejan. Batik ini ada dan hadir sekitar tahun 1985-an sampai 1990-an.

Tatkala itu, pada saat pemerintah Bengkulu sedang jaya-jayanya, pemerintah menggalakkan kerajian batik besurek khas Bengkulu.

Dari perkembangan kerajinan batik besurek itulah yang membuat masyarakat Rejang berinspirasi untuk menciptakan batik khas dari Tanah Rejang.

Maka, jika batik besurek motifnya terinspirasi dari kaligrafi, batik Kagangga terinspirasi dari bentuk aksara Rejang.

Batik-batik ini oleh Pemerintah banyak digunakan untuk seragam sekolah, PNS maupun pada event-event tertentu seperti peragaan busana, upacarap adat dsb.

Bahkan, waktu HPN (Hari Pers Nasional) ke-68 yang bertempat di Kota Bengkulu para pejabat Presiden RI, ibu Negara hingga mentri-mentrinya pun mengenakan baju batik khas Bengkulu.

Penutup

Baik sobat budiman, sekiranya hanya itu yang bisa kami sampaikan, banyak tutur kata yang salah, atau kurang jelas kami mohon maaf. Silahkan kalian bisa menulis kritik dan komentar di kolom komentar.

Indonesia sangatlah luas dan mempunyai macam-macam kebudayaan, kesenian yang populer banget dan kita sebagai manusia pada zaman modern ini, zaman yang sudah serba teknologi, akan lebih baik kita mengetahui walaupun sedikit tentang kebudayaan dan kesenian yang ada di Indonesia ini.

Sudah semestiknya kita bangga dan kita harus bisa menjaga yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita, melestarikan dan jangan sampai kita lupa dengan kekayaan-kekayaan melimpah yang ada di Indonesia ini.

Meski kita tidak hidup di daerah tersebut, namun kita adalah bagian dari pada rakyat Indonesia. Kita harus melestarikannya bahwasannya provinsi lainnya juga mempunyai kekayaan budaya dan kesenian yang ada.

Sumber: moondoggiesmusic.com

Terima kasih, semoga bermanfaat dan mendatangkan keberkahan.

Selamat dan sukses……

sowthy.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: