pengertian pameran tunggal

Pengertian Pameran Tunggal Kelompok Homogen & Heterogen

Pengertian pameran tunggal – Hi sobat budiman, bagaimana kabar kalian? Sehat? Eemm, kesempatan lalu kita sudah membahas isitlah dari Persiapan Pelaksanaan Pameran Seni Rupa. Supaya sobat lebih mastah lagi ni terkait dunia seni, pahami lebih dalam lagi yuk, apa sih pengetian pameran tunggal?

Dalam dunia seni, sebuah pameran sangatlah beragam. Mulai dari pameran jenis karya yang tertampil, hingga pada banyaknya seniman yang menampilkan hasil karya seninya pada sebuah pameran itu sendiri.

Selain kita akan belajar terkait pengertian pameran tunggal, dalam artikel ini kita akan sedikit mengulang apa itu pengertian pameran, jenis-jenis pameran, unsur-unsur yang membangun dan tujuan pameran.

Pengertian Pameran

Pameran ialah sebuah kegiatan yang menyajikan karya seni rupa yang dikomunikasikan sehingga bisa diapresiasikan oleh banyak orang atau masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan pameran, diharapkan dapat terjalin komunikasi antara perupa yang diwakili oleh masing-masing karya seninya.

Dikutip dalam artikel dengan judul “Penting_Tidak Penting Pameran Seni” Lilik menjelaskan, “Pada dasarnya pameran ialah bagian dari sebuah pertanggung-jawaban seniman atau perupanya atas perbuatan berkarya seninya.”

Dilihat dari sudut pandang kehidupan sosial, keberadaan sebuah pameran menjadi sangat penting mengapa? Karena para seniman atau perupa akan menyadari keberadaannya sebagai makhluk sosial.

Namun jika dilihat dari sudut pandang secara personal, bisa jagi pameran dinilai kurang penting bahkan tidak penting sama sekali. Mengapa? Karena secara personal yang paling menegangkan dalam proses kreatif bagi para perupa ialah tatkala muncul bebagai masalah sampai menjadi ide gagasan karya, simbol visual, taknik dan medium.

Pada momentum itulah seorang seniman harus memutuskan keputusan-keputusan yang berat bagi mereka. Karena keputusan itu betul-betul harus diputuskan secara sepihak, sendiri dan pribadi (butuh kontemplasi dan suwung).

Sampai sini ketemulah arti dari pertanggungwaban pergelaran pameran, yakni para perupa akan dimintai pertanggungjawaban oleh masyarakat atas karya-karya ciptaannya.

Pengertian Pameran Tunggal

pengertian pameran tunggal
Anadolu Agency

Pameran tunggal ialah sebuah pameran yang hanya menampilkan satu karya atau satu jenis karya saja.

sowthy.com

Makna Pameran Tunggal Bagi Para Seniman

Dosen seni rupa UNM (Universitas Negeri Malang) menjelaskan arti sebuah pameran bagi seniman, bahwa bagi seniman, pemaran itu adalah kelanjutan dari kekaryaan.

“Itu sebagai bentuk pertanggungjawaban dia sebagai makhluk sosial dan bagian dari masyarakat.” Tutur Lilik yang mengajar mata kuliah kritik seni.

Tatkala itu, Lilik beserta suaminya pada bulan Agustus juga pernah menyelenggarakan pameran yang bertema Pameran Couple, yang berisikan karya dia sendiri dan suaminya.

Momentum pameran tersebut mereka tujukan selain untuk pameran juga sebagai hadiah ulang tahun untuk pernikahan mereka berdua.

Ujar Lilik, khusus untuk pameran tunggal biasanya diselenggarakan sebagai intropeksi diri, muhasabah diri dan melihat perjalanan seniman itu sendiri.

Lilik juga menambahkan bahwa seniman yang berperan dalam pameran akan lebih terlihat karakternya dari karya-karyanya yang langsung mewakili dirinya.

Dan makna itu akan sulit ditemukan dalam pameran bersama atau bahkan pameran besar yang dinilai bergengsi.

Dalam sebuah pameran besar yang telah dinilai berkelas, tidak sedikit para seniman yang harus keluar dari karakternya sendiri agar karyanya dapat lolos seleksi dan bisa ikut dipamerkan.

“Ada event pameran tertentu dan kita tidak memiliki karya yang bertema itu. Maka kita harus berusaha untuk masuk dalam kurasi untuk tem yang dimaksudkan itu. Kalau aku jadi seniman, aku tidak akan begitu, karena belum tentu kita memiliki karya yang sesuai tema itu.” Imbuh Lilik.

Jenis Jenis Pameran

Berdasar waktu penyelenggaraannya, pameran dibebedakan menjadi 3 macam, yakni ada pameran:

  • Periodik

Periodik ialah pameran yang diselenggarakan secara berkala atau dalam periode-periode terntentu. Contoh setahun sekali, 6 bulan sekali atau pada event-event tertentu.

  • Insidental

Insidental ialah pameran yang diselenggarakan tatkala memang perlu diselenggarakan, yang mana pelaksanaannya dapat dilakukan kapan saja.

  • Pameran

Pameran merupakan sebuah pameran yang dilakukan di tempat yang tetap, tidak berubah dan dibuka terus non-stop 24 jam, tempat-tempat itu biasanya museum atau tempat bersejarah lainnya.

Jenis Pameran Berdasar Pada Jumlah Seniman

Selain berdasar pada waktu penyelenggeraannya, pameran juga dibedakan berdasar jumlah seniman yang hadir dan ikut terlibat dalam sebuah pameran tersebut.

Pameran berdasar pada jumlah seniman dibedakan menjadi dua, yakni:

  • Perorangan atau pameran tunggal

Pameran tunggal atau perorangan ialah pameran yang diselenggarakan oleh perorangan dan hanya terdapat satu jeni karya.

  • Kelompok

Pameran kelompok ialah sebuah pameran yang diselenggarakan oleh sebuah kelompok atau sebuah komunitas. Dan biasanya akan menampilkan banyak karya seni dari masing-masing seniman.

Jenis Pameran Berdasar Ragam Karya

Pameran dilihat dari ragam jenis karya yang ditampilkan ada dua macam, yakni:

  • Pameran Homogen

Ialah pameran yang hanya menunjukkan satu jenis karya seni.

  • Pameran Heterogen

Ialah pameran karya seni yang ditunjukkan dengan beragam jenis.

Selain itu, ada juga jenis pameran:

  • Pameran Restopeksi

Ialah salah satu jenis pameran sub-jenis dari pameran perorangan. Karena restopeksi ini ialah pameran yang diadakan oleh perorangan dan berisi perjalanan hidup atau karir dari seniman yang bersangkutan.

  • Pameran Desain

Pameran desain merupakan pameran yang khusus untuk produk kerajinan tangan, furnitur, kriya, otomatif, produk elektronik dan masih banyak lagi.

Unsur-Unsur Pameran Seni

arti & contohnya
Saravati

Banyak sekali persiapan yang harus seniman persiapkan tatkala akan menyelenggarakan pameran seni rupa. Mulai dari konsep, pendanaan dan hingga pada karya seni yang akan ditampilkan.

Semua persiapan itu termaktub dalam unsur-unsur pameran seni rupa. Yang mana unsur-unsur pameran seni rupa itu meliputi:

1. Unsur Karya Seni

Karya seni menjadi hal penting paling utama yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan dengan sangat matang.

Karya-karya seni itu dapat berupa karya seni murni atau terapan, atau bisa juga seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Karya-karya itu berupa:

  • Lukisan
  • Patung
  • Kaligrafi
  • Fotografi

2. Unsur Tempat

Setelah karya seni yang berarti objek, ruang dan tempat juga merupakan unsur yang paling penting.

Ruang dan tempat yang digunakan untuk pameran haruslah mempertimbangkan jenis karya rupa, seperti karya fotografi atau lukisan sebaiknya dilaksanakan di ruang tertutup, karena dikhawatirkan tiba-tiba hujan atau hal lain yang tiba-tiba dapat merusak acara pameran tersebut.

Sedang untuk karya seni yang lain, contoh seperti karajinan dari semen, batu, kayu atau logam bisa digelar diluar ruangan atau bisa juga dalam ruangan. Meski demikian, di tempat outdoor maupun indoor, sebuah pameran tetap harus memperhatikan keamanan karya.

3. Unsur Penyelenggara

Pameran tidak akan bisa terlaksana jika tidak adanya pihak yang menyelenggarakannya.

Penyelenggara pameran ialah sekelompok orang (biasa bergabung di komunitas) yang mengatur dan bertanggungjawab terhadap keseluruhan event dari awal hingga paripurna.

Penyelenggara pameran seni menjadi penyambung lidah antara seniman dengan pengunjung atau operator, bilkhusus jika karya seni diminarti oleh pembeli.

4. Unsur Pengunjung

Apakah arti pameran tanpa adanya pengunjung. Sebab sejatinya, pameran merupakan salah satu wadah bagi para seniman untuk mendapatkan apresiasi dari khalayak umum yang telibat dalam menikmati karya mereka.

Oleh sebab itu, penyelenggara memang harus betul-betul selalu berusaha untuk mengadakan pameran yang dapat memuaskan pengunjung.

Tidak jarang, para penyelenggara pameran biasanya menambahkan acara talkshow bersama seniman. Atau terkadang juga menghadirkan tampilan band untuk memeriahkan acara.

5. Unsur Peralatan

Dalam sebuah pameran, karya seni rupa haruslah betul-betul di display dengan sangat menarik dan menonjolkan estetika serta keindahan dari karya seni tersebut.

Dan keindahan itu sendiri tentunya dapat didapatkan karena ada penunjang berupa peralatan yang memadai seperti:

  • Etalase
  • Partisi
  • Ligting dsb

Demikian ulasan terkait pengertian pameran tunggal berserta pengertian pameran itu sendiri dan unsur-unsur tatkala menyelenggarakan pameran seni rupa.

Terima kasih, semoga bermanfaat dan mendatangkan keberkahan.

Selamat dan sukes…

sowthy.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: