penyebab kerontokan bulu kucing

Penyebab Bulu Kucing Rontok – Atasi Dengan 5 Tips Simple Ini

Penyebab bulu kucing rontok – Hi sobat budiman, bagaimana kabar kalian? Sehat? Eemm, memelihara kucing adalah hal yang baik lagi sangat bermanfaat, namun tak jarang kita temukan orang yang kurang bertanggung jawab, sehingga si kucing pun kehilangan bulu-bulunya, bahkan ada yang sampai botak.

Maka menjadi penting, sebelum memutuskan untuk memelihar kucing, sobat harus berikrar siap untuk menganggung segala kosekuensinya, termasuk menanggung kebutuhan si kucing untuk tumbuh kembangnya.

Terutama bagi sobat yang beragama Islam, telah nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam contohkan bagaimana memelihara cuking dengan baik, bagaimana menyayangi kucing, sehingga penyebab bulu kucing rontok itu nggak ada.

Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam juga memelihara kucing, Beliau kasih nama Muezza. Beliau sangat teliti dan sayang sekali dalam memelihar Muezza, setiap kali Beliau menerima tamu pasti Muezza akan duduk, bermain bahkan tidur di pangkuan Rasulullah Shallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Oke, tanpa perlu bosa-basi tinggi, langsung saja yuk gali penyebab bulu kucing rontok bahkan rontok parah hingga botak.

Penyebab Bulu Kucing Rontok Parah

penyebab bulu kucing rontok dan cara mengatasinya
Kirgiz03 by px

Tapi sebelum kita mengenali Pemicu Alopecia/Kerontokan Bulu Kucing. Perlu sobat ingat bahwa, sebenarnya bulu kucing rontok itu adalah hal yang wajar selama masih dalam jumlah yang tidak banyak.

Pada umumnya bulu pada kucing memang akan rontok secara alami.

1. Kucing itu alergi kutu dan tungau

Kutu dan tungau adalah musuh utama untuk hewan berbulu. kedua parasit ini bisa hidup di atas ataupun di dasar permukaan kulit. Serta bisa sangat mengusik akibat dampak gatal yang ditimbulkan dari kedua tipe parasit ini.

Kucing yang terserang kedua jenis parasit akan terus menggaruk kulitnya sampai bulu-bulunya pun berontokan.

Jika sudah begitu, bewalah kucing kamu ke vet terdekat untuk menghentikan perkembangan parasit kutu dan tungau tersebut.

2. Kucing itu alergi makanan tertentu

Tidak semua makanan manusia juga bisa kucing makan lo ya. Sebagian jenis makanan kita malah dapat menimbulkan kerontokan bulu kucing tatkala kucing tersebut memakannya.

Sebut saja, makanan dengan garam berlebih, jika kucing memakannya, maka hal ini akan membuat bulu kucing.

3. Kucing memiliki kelainan hormon dan mengosumsi obat-obat tertentu

Sepertihalnya manusia, kucing pun mempunyai pengaturan hormon pada badannya. Menderita kelainan hormon bisa jadi salah satu pemicu rontoknya bulu.

Komsumsi obat-obatan tertentu pun dapat menimbulkan efek samping rontoknya bulu-bulu kucing.

Namun tatkala obat-obat itu dihentikan, maka perlahan bulu akan kembali tumbuh dan rontok dengan alami serta dalam kategori wajar.

4. Peradangan jamur pada tubuh kucing

Bulu kucing yang rimbun akan menjadi tempat yang menunjang buat bertumbuhnya jamur. Jamur menggemari tempat lembab untuk berkembang dan berkembang biak.

Jamur tidak akan nampak sebelum ada bagian tubuh kucing berupa bercak bulat dikulit yang ditandai dengan rontoknya bulu-bulu tersebut.

Bercak-bercak pada tubuh kucing itu akan terus meluas tatkala tidak segera ditangani.

Maka untuk menghindari akan kucin kesayangan Anda tidak terserang jamur, jagalah kucing Anda untuk tetap dan selalu bersih.

Apalagi setelah kucing itu dimandikan, pastikan kamu tatkala mengeringkannya benar-benar kering, tidak lembab atau setengah kering. Karena jamur tidak suka tempat yang basah, dia sukanya tempat yang lemab-lembab gitu.

5. Kucing itu stress

penyebab culu kucing rontok parah dan cara pengobatannya
Quangpraha by px

Bukan hanya jin dan manusia, hewan unyu dan imut itu (kucing) pun juga bisa menghadapi stress lo.

Stress bisa diakibatkan oleh berabgai aspek semacam dia berada di tempat yang asing, minimnya keakraban dengan owner (pemilikinya), merasa khawatir dan sabagainya.

Kucing yang stress biasanya akan menjilati bulu-bulunya secara berlebih, kelewatan sehingga menimbulkan kerontokan parah.

6. Memang bulu kucing itu telah waktunya rontok

Bila bulu kucing cuma rontok dalam rentang waktu 6 bulan sekali, itu merupakan perihal yang normal.

Bulu kucing memang akan rontok setahun sekali dan akan berganti dengan bulu yang baru, lebih halus dan lembut dari yang sebelumnya.

Kalau kronologi rontoknya seperti ini, maka Kamu tidak perlu takut, yang kamu perlukan hanya kesabaran untuk mensterilkan jumlah bulu kucing yang rontok, yang tentu aka melekat memenuhi sekitar rumah kamu bahkan hingga ke baju-baju kamu, sabat aja, ngga najis kok, hem.

7. Kucing itu kekurangan gizi

Banyak aktivitas owner (pemilik) acapkali berefek pada pemberian makan hewan peliharaan yang asal-asalan. Hal ini menimbulkan isi gizi dalam santapan hewan tidak terpenuhi dengan baik.

Salah satu akibat yang mencuat dari kekurangan gizi ini merupakan kerontokan bulu pada kucing.

Kamu bisa bertanya dengan dokter hewan untuk revisi gizi pada kucing dan pertimbangan untuk pemberian konsumsi vit agar dapat menunjang terpenuhinya konsumsi gizi pada kucing kamu.

8. Ketidak cocokan produk shampoo buat kucing

Jangan memakaikan produk shampoo manusia pada hewan sebab kandungan ketahanan kulit manusia dengan hewan berbeda.

Belilah shampoo memang khusus untuk kucing sekaligus yang memang direkomendasikan buat si kucing.

Pemilihan shampooo yang tepat akan menghindari iritasi kulit serta kerontokan bulu yang bisa terjadi pada kulit kucing kesayangan kamu.

9. Kucing berada di suhu yang ekstrim

Pergantian temperatur yang ekstrim semacam sangat panas ataupun sangat dingin pun bisa mengusik perkembangan bulu kucing.

Oleh sebab itu, owner harus paham terkait temperatur ruangan terlebih bila kamu memelihara tipe kucing ras yang jauh lebih rentan daripada tipe kucing kampung.

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

sampai botak dan luka
Dyadya_Lyosha by px

Jika cara-cara simpel tidak bisa menanggulangi kerontokan pada bulu kucing kamu, sobat bisa lekas membawa ke dokter hewan.

Jangan lupa untuk memberitahukan seluruh informasi kesehatan kucing kamu kepada dokter supaya dokter lebih gampang menganalisa keadaan kucing kamu serta membagikan penindakan yang pas.

Berikut ini penindakan lanjutan yang bisa kamu jalani sendiri di rumah untuk menanggulangi kerontokan bulu kucing kesayangan kamu:

1. Memangkas bulu kucing

Bila kucing kamu mempunyai bulu yang rimbun tidak ada salahnya untu memangkas sedikit bulu kucing. Pemangkasan diperuntukan supaya terlalu panjang, sehingga harapannya akan mampu meminimalisir kerontokan.

2. Ubah produk makanan yang sesuai untuk kucing

Berangkat ke pet shop dan seleksi produk santapan spesial kucing dengan isi yang pas demi kesehatan serta terpenuhinya gizi yang baik untuk kucing Anda.

3. Gunakan produk shampoo yang sesuai buat jenis kulit kucing Anda

Shampoo yang tidak memiliki banyak detergen merupakan opsi terbaik buat kucing. Sebab detergen bisa menimbulkan iritasi serta gatal pada kulit. Lama-kelamaan menimbulkan rontoknya bulu kucing.

Sekarang ini sudah banyak di pet shop shampoo spesial kucing dengan macam tipe. Ada yang berperan sebagai anti kuman, anti jamur, anti tungau, membuat bulu mengkilap, dsb. Produk shampo kucing tersebut pastinya bisa kamu beli dengan harga yang terjangkau.

4. Menjaga kucing seperti biasa

Agar kucing sobat selalu aman, beri makanan bergizi, konsumsi vit yang cukup, dan beri kasih sayang yang cukup jua. Ini menghindari kucing dari stress dan mejauhkan dari kerontokan bulu yang tidak wajar.

5. Menyisir Bulu Kucing

Menyisir bulu kucing? Eemm, menyisir bulu kucing ini nampaknya jarang dilakukan oleh para owner. Padahal menyiri bulu kucing mempunyai khasiat, manfaat tersendiri lo.

Berikut ini adalah manfaat menyiri bulu kucing:

  • Menghilangkan kutu serta tungau bila memakai sisir khusus.
  • Melancarkan metabolisme badan kucing.
  • Seperti pijat, menyisir bulu kucing berikan akibat yang baik untuk kesehatan kulit serta bulu kucing.
  • Mengeratkan ikatan emosional antara sang owner dengan si kucing itu sendiri.

Demikian kurang lebih ulasan terkait penyebab bulu kucing rontok dan cara mengantasinya.

Terima kasih, semoga bermanfaat dan mendatangkan keberkahan.

Selamat dan sukses……

sowthy.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: